Renstra

Tabel Renstra

No Perangkat Daerah Sasaran Strategis Indikator Target
2024 2025 2026
1 Dinas Lingkungan Hidup Meningkatnya Kualitas Lingkungan Hidup Indeks Kualitas Air 51 52 53
2 Dinas Lingkungan Hidup Meningkatnya Kualitas Lingkungan Hidup Indeks Kualitas Udara 90.71 92.71 94.71
3 Dinas Lingkungan Hidup Meningkatnya Kualitas Lingkungan Hidup Iindeks Kualitas Lahan 50.97 50.98 50.99
4 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Meningkatnya Literasi Masyarakat Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat 83 83.5 84
5 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Arsip terkelola secara tertib Indeks Kearsipan 78 79 80
6 Inspektorat Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal berdampak pada Efektifitas Kinerja Nilai AKIP Dimensi Evaluasi 17.55 20 22.5
7 Kecamatan Rajagaluh Pelayanan Publik Lebih Dekat dan berkualitas IKM 83.47 84 85
8 Dinas Kesehatan Meningkatnya Kualitas Kesehatan Masyarakat Angka Harapan Hidup (AHH) 71.35 71.65 72
9 Dinas Sosial Meningkatnya Kesejahteraan Sosial bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Persentase penurunan PPKS 9.9 100 100
10 Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Meningkatnya profesionalisme dan integritas ASN Indeks Profesionalitas ASN 61.5 62 62.5
11 Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Meningkatnya profesionalisme dan integritas ASN Indeks Sistem Merit 290 300 310
12 Kecamatan Jatiwangi Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Bekualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 84.22 84.33 84.45
13 Sekretariat Daerah Meningkatnya Praktik Baik Reformasi Birokrasi Nilai RB General 63 64 65
14 Badan Pendapatan Daerah Meningkatnya Pendapatan Daerah Persentase peningkatan pendapatan daerah 5 5.5 6
15 Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Meningkatnya kualitas pelayanan adminsitratif legislasi, pengawasan dan penganggaran. IKM DPRD 86.24 86.75 87.04
16 Badan Penanggulangan Bencana Daerah Meningkatnya Ketahanan Daerah dalam Penanggulangan Bencana Indeks Ketahanan Daerah (IKD) 0.71 0.72 0.73
17 Dinas Pendidikan Meningkatnya Akses Pendidikan APM PAUD 95.73 95.75 95.78
18 Dinas Pendidikan Meningkatnya Akses Pendidikan APM SD/MI 91.25 91.28 91.3
19 Dinas Pendidikan Meningkatnya Akses Pendidikan APM SMP/MTs 88.15 88.25 88.28
20 Dinas Pendidikan Meningkatnya Akses Pendidikan APK Nonformal/Kesetaraan 86.6 86.68 86.73
21 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Meningkatnya Kemantapan Jalan Persentase jalan dalam kondisi mantap 89.5 90.5 91.5
22 Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Meningkatnya Kualitas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Persentase rumah tangga hunian layak 97.04 97.56 98.11
23 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Meningkatnya gedung dan lingkungannya yang laik fungsi Persentase gedung yang memiliki SLF 0.62 1.23 1.85
24 Dinas Pendidikan Meningkatkan Mutu Pendidikan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) 7.55 7.75 8
25 Dinas Pendidikan Meningkatkan Mutu Pendidikan Harapan Lama Sekolah (HLS) 12.26 12.28 12.3
26 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Tertatanya ruang Persentase pemanfaatan ruang yang sesuai dengan rencana tata ruang 85.56 90.98 93.23
27 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Meningkatnya ketersediaan air irigasi Debit air termanfaatkan 45294 45294 45294
28 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Meningkatnya Kemandirian Desa Persentase Desa Mandiri 55.15 67.27 79.39
29 Badan Keuangan dan Aset Daerah Terwujudnya pengelolaan keuangan dan aset daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku OPINI BPK 5 5 5
30 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Meningkatnya Investasi Nilai Realisasi Investasi 3150000000000 3300000000000 3450000000000
31 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Majalengka Meningkatnya Kualitas Perencanaan Pembangunan majalengka yag berdampak untuk mewujudkan hasil yang berkesinambungan Nilai Komponen Perencanaan Kinerja Pada Penilaian SAKIP Kabupaten 23.5 23.6 24
32 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Majalengka Meningkatnya Kualitas Perencanaan Pembangunan majalengka yag berdampak untuk mewujudkan hasil yang berkesinambungan Meningkatkan Kualitas Pengukuran Kinerja Pembangunan Majalengka Yang dimanfaatkan dalam perbaikan perencanann pembangunan Daerah 20.2 20.45 21
33 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Majalengka Meningkatnya Kualitas Perencanaan Pembangunan majalengka yag berdampak untuk mewujudkan hasil yang berkesinambungan Persentase Kematangan Inovasi Darah 60 80 80
34 Dinas Perhubungan Meningkatnya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, Kelancaran Transportasi dan Pengguna Jalan Tingkat Pelayanan Jalan 31 32 33
35 Satuan Polisi Pamong Praja Meningkatnya Ketentraman dan Ketertiban Umum Persentase Penurunan Gangguan Trantibum 10 5 5
36 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Meningkatnya Kualitas Pembiaan Kesatua Bangsa Tingkat Bina Kesatuan Bangsa 100 100 100
37 Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka Pelayanan Publik Lebih Dekat dan berkualitas Persentase Bencana Kebakaran dan Non Kebakaran yang Tertanggulangi Menuhi Respon Time 100 100 100
38 Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menenggah Meningkatnya Penempatan Tenaga Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Persentase Pencari Kerja Terdaftar Yang Ditempatkan 25 30 35
39 Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menenggah Meningkatnya Penempatan Tenaga Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Tingkat Produktivitas Tenaga Kerja 338000000 339000000 340000000
40 Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menenggah Meningkatnya Kualitas Koperasi Persentase Koperasi yang Berkualitas 40 42 45
41 Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menenggah Meningkatnya daya saing sumber daya dan produk lokal UMKM Indeks Sistem Merit 290 300 310
42 Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menenggah Meningkatnya daya saing sumber daya dan produk lokal UMKM Persentase Usaha Mikro yang menjadi Wirausaha 30 35 40
43 Kecamatan Lemahsugih Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 25 30 35
44 Inspektorat Meningkatnya kepatuhan Perangkat Daerah terhadap ketentuan Pengelolaan Keuangan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pelayanan perizinan dan non perizinan 88.07 88.09 88.12
45 Inspektorat Meningkatnya kepatuhan Perangkat Daerah terhadap ketentuan Pengelolaan Keuangan Persentase Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK-RI 75 76 77
46 Kecamatan Bantarujeg Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 80 0 0
47 Kecamatan Bantarujeg Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 82 82.14 82.25
48 Inspektorat Meningkatnya Pemerintah yang bersih dan bebas KKN IK : Indeks KAMI 450 475 500
49 Inspektorat Meningkatnya Pemerintah yang bersih dan bebas KKN IK: Indeks Keterbukaan Informasi Publik 80 80 90
50 Inspektorat Meningkatnya Pemerintah yang bersih dan bebas KKN Indeks Kematangan SPBE 3 3.5 3.65
51 Inspektorat Meningkatnya Pemerintah yang bersih dan bebas KKN Indeks Pembangunan Statistik 2.08 3 3.1
52 Inspektorat Meningkatnya Pemerintah yang bersih dan bebas KKN Survey Penilaian Integritas (SPI) 78 79 80
53 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Laju PDRB sektor perdagangan 2.22 2.4 2.44
54 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Persentase Penambahan Industri Kecil dan Menengah 2 2.05 2.1
55 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Nilai Komponen Pengukuran Kinerja Pada Penilaian SAKIP Kabupaten 20.5 20.6 21
56 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Laju PDRB Sektor Perdagangan 2.22 2.4 2.44
57 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Industri Pengolahan Klasifikasi kecil dan Menengah Indeks Pembangungan Gender 86.9 87.33 87.78
58 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Industri Pengolahan Klasifikasi kecil dan Menengah Persentase Penambahan Industri Kecil dan Menengah 2 2.05 2.1
59 Inspektorat Meningkatnya kompetensi dan kemampuan Aparatur Pengawasan yang berkualitas dan handal Nilai Capaian Evaluasi Kabupaten Layak Anak 507.78 510.87 525.45
60 Inspektorat Meningkatnya kompetensi dan kemampuan Aparatur Pengawasan yang berkualitas dan handal Tingkat Maturitas Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) 3 3 3
61 Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Meningkatnya akses pangan Skor Pola Pangan Harapan Konsumsi 92.5 93 93.5
62 Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Meningkatnya produktivitas (on farm) dan daya serap (off farm) komoditas pertanian Persentase Kenaikan Produksi dan Produktivitas Lahan 1.75 1.8 1.85
63 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Meningkatnya Kualitas Pelayanan perizinan dan non perizinan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pelayanan perizinan dan non perizinan 88.07 88.09 88.12
64 Kecamatan Malausma Terwujudnya Birokrasi yang kapabel, bersih dan akuntabel serta peelayanan publik yang prima Persentase Pencari Kerja Terdaptar yg Ditempatkan 25 30 35
65 Kecamatan Malausma Terwujudnya Birokrasi yang kapabel, bersih dan akuntabel serta peelayanan publik yang prima Indeks Kepuasan Masyarakat 85 85.5 86
66 Dinas Kesehatan Berkurangnya Stunting Persentase Pencari Kerja Terdaptar yg Ditempatkan 25 30 35
67 Dinas Kesehatan Berkurangnya Stunting Tingkat produktivitas tenaga kerja 338000 339000 340000
68 Dinas Kesehatan Berkurangnya Stunting Prevalensi Stunting 17.36 14.61 11.86
69 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Prestasi Olahraga Persentase Koperasi yang berkualitas 40 42 45
70 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Prestasi Olahraga Persentase peningkatan prestasi olahraga 45 45.03 45.05
71 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Partisipasi Masyarakat Berolahraga Persentase Usaha Mikro yang menjadi Wirausaha 30 35 40
72 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Partisipasi Masyarakat Berolahraga Persentase Masyarakat Berolahraga 33.47 34.99 36.51
73 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Peran Serta Pemuda dalam Pembangunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 83.47 84 85
74 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Peran Serta Pemuda dalam Pembangunan Angka Partisipasi dan Kepemimpinan Pemuda 56 56.01 56.02
75 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Meningkatnya produktifitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif PDRB Akomodasi, makan dan minum 2.91 2.96 3.01
76 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Meningkatnya Pemanfaatan Nilai Budaya Daerah dan Kearifan Lokal Persentase Objek Pemajuan Kebudayaan yang dilindungi, dikembangkan, dibina, dan dimanfaatkan 100 100 100
77 Kecamtan ligung Pelayanan publik lebih dekat dan berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 80 80.5 81
78 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Meningkatnya Kepemilikan Dokumen Kependudukan Persentase masyarakat yang memiliki dokumen kependudukan 92.1 93.75 95
79 Satuan Polisi Pamong Praja Meningkatnya Kualitas Penanggulangan Kebakaran dan Non Kebakaran Secara Terpadu dan Inklusif Persentase Bencana Kebakaran dan Non Kebakaran yang Tertanggulangi Menuhi Respon Time 85 85.05 86
80 Kecamatan Cikijing Pelayanan Publik lebih dekat dan Bekualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 86 86.5 87
81 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Majalengka Meningkatnya kualitas pengukuran kinerja pembangunan Majalengka yang dimanfaatkan dalam perbaikan perencanaan pembangunan daerah Nilai Komponen Pengukuran Kinerja Pada Penilaian SAKIP Kabupaten 20.5 20.6 21
82 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Majalengka Meningkatnya Inovasi dan Hasil Kelitbangan yang Bermanfaat Nilai Indeks Inovasi Daerah 60 80 80
83 Kecamatan Jatitujuh (Intermediate Outcome) Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas (Intermediate Outcome) Indeks Kepuasan Masyarakat 84 84.2 84.5
84 Kecamatan Sukahaji Pelayanan publik lebih dekat dan berkualitas Nilai IKM 82.15 82.8 83
85 Kecamatan Sindangwangi Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 80 80.5 81
86 Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Meningkatnya Kesetaraan Gender dan Keberdayaan Perempuan Indeks Pembangunan Gender 8710 8733 8778
87 Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Terlindungi dan Terpenuhinya Hak Anak Nilai Capaian Evaluasi Kabupaten Layak Anak 50758 51087 52545
88 Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Terkendalinya Penduduk Aspek Kelahiran Total Fertility Rate 2.1 2.1 2.1
89 Dinas Komunikasi dan Informatika Meningkatnya Keamanan Informasi Indeks KAMI 450 475 500
90 Dinas Komunikasi dan Informatika Meningkatkannya Keterbukaan Informasi Publik Indeks Keterbukaan Informasi Publik 80 80 90
91 Dinas Komunikasi dan Informatika Terintegrasinya SPBE yang Mendorong Pelayanan Publik lebih Cepat dan Efisien Indeks Kematangan SPBE 3 3.5 3.65
92 Dinas Komunikasi dan Informatika Meningkatnya Kualitas Statistik Sektoral dalam rangka Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Indeks Pembangunan Statistik 2.8 3 3.1
93 Kecamatan Argapura Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 85.2 85.4 85.6
94 Kecamatan Panyingkiran Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 85 85.5 86
95 Kecamatan Banjaran Pelayanan Publik lebih dekat dan Bekualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 83 84 85
96 Kecamatan Majalengka Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas IKM 82 82.5 83
97 Kecamatan Palasah Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 80.1 82 83
98 Dinas Lingkungan Hidup Meningkatnya Kualitas Lingkungan Hidup - Indeks Kualitas Air (IKA) - Indeks Kualitas Udara (IKU) - Indeks Kualitas Lahan (IKL) 67.08 68.26 69.45
99 Dinas Lingkungan Hidup Meningkatnya Kualitas Lingkungan Hidup Indeks Kualitas Air (IKA) 51 52 53
100 Kecamatan Kertajati Pelayanan Publik lebih dekat dan berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 90 90.5 91
101 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Berkurangnya Konflik Sosial Presentase Konflik yang tertangani 100 100 100
102 Kecamatan Cigasong Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 83.47 84 85
103 Kecamatan Kasokandel Pelayanan Publik lebih dekat dan Berkualitas Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat 82.2 84 86
104 Dinas Pendidikan Meningkatnya Pelayanan Urusan Pemerintahan Bidang Pendidikan Nilai Ombudsman 92000 92.25 92.35
105 Kecamatan Sumberjaya Pelayanan Publik lebih dekat dan Bekualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 81.75 82.1 83
106 Kecamatan Sindang Pelayanan Publik lebih dekat dan Bekualitas IKM 88 88.25 88.45
107 Kecamatan Maja Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Bekualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 88.05 89 89.05
108 Kecamatan Leuwimunding Pelayanan Publik lebih dekat dan Bekualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 85 85.05 86
109 Kecamatan dawuan Pelayanan Publik lebih dekat dan Bekualitas Indeks Kepuasan M asyarakat 85 85.5 86
110 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Kualitas tata kelola penyelenggaraan urusan dinas Nilai SKM Perangkat Daerah 88 88.01 88.02
111 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Kualitas tata kelola penyelenggaraan urusan dinas Nilai SAKIP Perangkat Daerah 74.15 74.5 75
112 Kecamatan Kadipaten Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 85 85.5 86
113 Kecamatan Cingambul Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 85 86 87
114 Kecamatan Talaga Pelayanan Publik lebih dekat dan Bekualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 87.9 88 88.5