Renstra

Tabel Renstra

No Perangkat Daerah Sasaran Strategis Indikator Target
2024 2025 2026
1 Dinas Lingkungan Hidup Meningkatnya Kualitas Lingkungan Hidup Indeks Kualitas Air 51 52 53
2 Dinas Lingkungan Hidup Meningkatnya Kualitas Lingkungan Hidup Indeks Kualitas Udara 90.71 92.71 94.71
3 Dinas Lingkungan Hidup Meningkatnya Kualitas Lingkungan Hidup Iindeks Kualitas Lahan 50.97 50.98 50.99
4 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Meningkatnya Literasi Masyarakat Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat 83 83.5 84
5 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Arsip terkelola secara tertib Indeks Kearsipan 78 79 80
6 Inspektorat Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal berdampak pada Efektifitas Kinerja Nilai AKIP Dimensi Evaluasi 17.55 20 22.5
7 Kecamatan Rajagaluh Pelayanan Publik Lebih Dekat dan berkualitas IKM 83.47 84 85
8 Dinas Kesehatan Meningkatnya Kualitas Kesehatan Masyarakat Angka Harapan Hidup (AHH) 71.35 71.65 72
9 Dinas Sosial Meningkatnya Kesejahteraan Sosial bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Indeks Kesejahteraan Sosial 100 100 100
10 Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Meningkatnya profesionalisme dan integritas ASN Indeks Profesionalitas ASN 61.5 62 62.5
11 Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Meningkatnya profesionalisme dan integritas ASN Indeks Sistem Merit 290 300 310
12 Kecamatan Jatiwangi Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Bekualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 84.22 84.33 84.45
13 Sekretariat Daerah Meningkatnya Praktik Baik Reformasi Birokrasi Nilai RB General 63 64 65
14 Badan Pendapatan Daerah Meningkatnya Pendapatan Daerah Persentase peningkatan pendapatan daerah 0 0 0
15 Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Meningkatnya kualitas pelayanan adminsitratif legislasi, pengawasan dan penganggaran. IKM DPRD 86.24 86.75 87.04
16 Badan Penanggulangan Bencana Daerah Meningkatnya Ketahanan Daerah dalam Penanggulangan Bencana Indeks Ketahanan Daerah (IKD) 0.71 0.72 0.73
17 Dinas Pendidikan Meningkatnya Akses Pendidikan APM PAUD 95.73 95.75 95.78
18 Dinas Pendidikan Meningkatnya Akses Pendidikan APM SD/MI 91.25 91.28 91.3
19 Dinas Pendidikan Meningkatnya Akses Pendidikan APM SMP/MTs 88.15 88.25 88.28
20 Dinas Pendidikan Meningkatnya Akses Pendidikan APK Nonformal/Kesetaraan 86.6 86.68 86.73
21 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Meningkatnya Kemantapan Jalan Persentase jalan dalam kondisi mantap 89.5 90.5 91.5
22 Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Meningkatnya Kualitas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Persentase rumah tangga hunian layak 97.04 97.56 98.11
23 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Meningkatnya gedung dan lingkungannya yang laik fungsi Persentase gedung yang memiliki SLF 0.62 1.23 1.85
24 Dinas Pendidikan Meningkatkan Mutu Pendidikan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) 7.55 7.75 8
25 Dinas Pendidikan Meningkatkan Mutu Pendidikan Harapan Lama Sekolah (HLS) 12.26 12.28 12.3
26 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Tertatanya ruang Persentase pemanfaatan ruang yang sesuai dengan rencana tata ruang 85.56 90.98 93.23
27 Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Meningkatnya ketersediaan air irigasi Debit air termanfaatkan 45294 45294 45294
28 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Meningkatnya Kemandirian Desa Persentase Desa Mandiri 55.15 67.27 79.39
29 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Meningkatnya Investasi Nilai Realisasi Investasi 3150000000000 3300000000000 3450000000000
30 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Majalengka Meningkatnya Kualitas Perencanaan Pembangunan majalengka yag berdampak untuk mewujudkan hasil yang berkesinambungan Nilai Komponen Perencanaan Kinerja Pada Penilaian SAKIP Kabupaten 23.5 23.6 24
31 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Majalengka Meningkatnya Kualitas Perencanaan Pembangunan majalengka yag berdampak untuk mewujudkan hasil yang berkesinambungan Meningkatkan Kualitas Pengukuran Kinerja Pembangunan Majalengka Yang dimanfaatkan dalam perbaikan perencanann pembangunan Daerah 20.2 20.45 21
32 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Majalengka Meningkatnya Kualitas Perencanaan Pembangunan majalengka yag berdampak untuk mewujudkan hasil yang berkesinambungan Persentase Kematangan Inovasi Darah 60 80 80
33 Dinas Perhubungan Meningkatnya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, Kelancaran Transportasi dan Pengguna Jalan Tingkat Pelayanan Jalan 31 32 33
34 Satuan Polisi Pamong Praja Meningkatnya Ketentraman dan Ketertiban Umum Persentase Penurunan Gangguan Trantibum 10 5 5
35 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Meningkatnya Ketentraman dan Ketertiban Umum Tingkat Bina Kesatuan Bangsa 100 100 100
36 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Meningkatnya Ketentraman dan Ketertiban Umum Persentase Penurunan Potensi Konflik Sosial 100 100 100
37 Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka Pelayanan Publik Lebih Dekat dan berkualitas Persentase Bencana Kebakaran dan Non Kebakaran yang Tertanggulangi Menuhi Respon Time 100 100 100
38 Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menenggah Meningkatnya Penempatan Tenaga Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Persentase Pencari Kerja Terdaftar Yang Ditempatkan 25 30 35
39 Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menenggah Meningkatnya Penempatan Tenaga Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Tingkat Produktivitas Tenaga Kerja 338000000 339000000 340000000
40 Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menenggah Meningkatnya Kualitas Koperasi Persentase Koperasi yang Berkualitas 40 42 45
41 Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menenggah Meningkatnya daya saing sumber daya dan produk lokal UMKM Indeks Sistem Merit 290 300 310
42 Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Kecil Menenggah Meningkatnya daya saing sumber daya dan produk lokal UMKM Persentase Usaha Mikro yang menjadi Wirausaha 30 35 40
43 Kecamatan Lemahsugih Pelayanan Publik lebih dekat dan berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 86 87 88
44 Kecamatan Banjaran Lorem ipsum Persentase Peningkatan Pendapatan Daerah 5 5.5 6
45 Kecamatan Banjaran Lorem ipsum lorem testing 20 20 23
46 Inspektorat Meningkatnya kepatuhan Perangkat Daerah terhadap ketentuan Pengelolaan Keuangan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pelayanan perizinan dan non perizinan 88.07 88.09 88.12
47 Inspektorat Meningkatnya kepatuhan Perangkat Daerah terhadap ketentuan Pengelolaan Keuangan Persentase Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK-RI 75 76 77
48 Kecamatan Bantarujeg Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 80 0 0
49 Kecamatan Bantarujeg Pelayanan Publik Lebih Dekat dan Berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 82 82.14 82.25
50 Inspektorat Meningkatnya Pemerintah yang bersih dan bebas KKN IK : Indeks KAMI 450 475 500
51 Inspektorat Meningkatnya Pemerintah yang bersih dan bebas KKN IK: Indeks Keterbukaan Informasi Publik 80 80 90
52 Inspektorat Meningkatnya Pemerintah yang bersih dan bebas KKN Indeks Kematangan SPBE 3 3.5 3.65
53 Inspektorat Meningkatnya Pemerintah yang bersih dan bebas KKN Indeks Pembangunan Statistik 2.08 3 3.1
54 Inspektorat Meningkatnya Pemerintah yang bersih dan bebas KKN Survey Penilaian Integritas (SPI) 78 79 80
55 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Laju PDRB sektor perdagangan 2.22 2.4 2.44
56 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Persentase Penambahan Industri Kecil dan Menengah 2 2.05 2.1
57 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Nilai Komponen Pengukuran Kinerja Pada Penilaian SAKIP Kabupaten 20.5 20.6 21
58 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Laju PDRB Sektor Perdagangan 2.22 2.4 2.44
59 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Industri Pengolahan Klasifikasi kecil dan Menengah Indeks Pembangungan Gender 86.9 87.33 87.78
60 Dinas Perdagangan dan Perindustrian Meningkatnya Industri Pengolahan Klasifikasi kecil dan Menengah Persentase Penambahan Industri Kecil dan Menengah 2 2.05 2.1
61 Inspektorat Meningkatnya kompetensi dan kemampuan Aparatur Pengawasan yang berkualitas dan handal Nilai Capaian Evaluasi Kabupaten Layak Anak 507.78 510.87 525.45
62 Inspektorat Meningkatnya kompetensi dan kemampuan Aparatur Pengawasan yang berkualitas dan handal Tingkat Maturitas Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) 3 3 3
63 Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Meningkatnya akses pangan Persentase peningkatan prestasi olahraga 45 45.03 45.05
64 Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Meningkatnya akses pangan Skor Pola Pangan Harapan Konsumsi 92.5 93 93.5
65 Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Meningkatnya produktivitas (on farm) dan daya serap (off farm) komoditas pertanian Angka Partisipasi Masyarakat Berolahraga 33.47 34.99 36.51
66 Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Meningkatnya produktivitas (on farm) dan daya serap (off farm) komoditas pertanian Persentase Kenaikan Produksi dan Produktivitas Lahan 1.75 1.8 1.85
67 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Meningkatnya Kualitas Pelayanan perizinan dan non perizinan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pelayanan perizinan dan non perizinan 88.07 88.09 88.12
68 Kecamatan Malausma Terwujudnya Birokrasi yang kapabel, bersih dan akuntabel serta peelayanan publik yang prima Persentase Pencari Kerja Terdaptar yg Ditempatkan 25 30 35
69 Kecamatan Malausma Terwujudnya Birokrasi yang kapabel, bersih dan akuntabel serta peelayanan publik yang prima Indeks Kepuasan Masyarakat 85 85.5 86
70 Dinas Kesehatan Berkurangnya Stunting Persentase Pencari Kerja Terdaptar yg Ditempatkan 25 30 35
71 Dinas Kesehatan Berkurangnya Stunting Tingkat produktivitas tenaga kerja 338000 339000 340000
72 Dinas Kesehatan Berkurangnya Stunting Prevalensi Stunting 17.36 14.61 11.86
73 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Prestasi Olahraga Persentase Koperasi yang berkualitas 40 42 45
74 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Prestasi Olahraga Persentase peningkatan prestasi olahraga 45 45.03 45.05
75 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Partisipasi Masyarakat Berolahraga Persentase Usaha Mikro yang menjadi Wirausaha 30 35 40
76 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Partisipasi Masyarakat Berolahraga Persentase Masyarakat Berolahraga 33.47 34.99 36.51
77 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Peran Serta Pemuda dalam Pembangunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 83.47 84 85
78 Dinas Pemuda dan Olah Raga Meningkatnya Peran Serta Pemuda dalam Pembangunan Angka Partisipasi dan Kepemimpinan Pemuda 56 56.01 56.02
79 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Meningkatnya produktifitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif PDRB Akomodasi, makan dan minum 2.91 2.96 3.01
80 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Meningkatnya Pemanfaatan Nilai Budaya Daerah dan Kearifan Lokal Persentase Objek Pemajuan Kebudayaan yang dilindungi, dikembangkan, dibina, dan dimanfaatkan 100 100 100
81 Kecamtan ligung Pelayanan publik lebih dekat dan berkualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 80 80.5 81
82 Kecamtan ligung Pelayanan publik lebih dekat dan berkualitas Tingkat pemenuhun pendukung administrasi perkantoran 100 100 100
83 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Meningkatnya Kepemilikan Dokumen Kependudukan Nilai RB General 63 64 65
84 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Meningkatnya Kepemilikan Dokumen Kependudukan Persentase masyarakat yang memiliki dokumen kependudukan 92.1 93.75 95
85 Satuan Polisi Pamong Praja Meningkatnya Kualitas Penanggulangan Kebakaran dan Non Kebakaran Secara Terpadu dan Inklusif Indeks Kepuasan Masyarakat 85 85.05 86
86 Satuan Polisi Pamong Praja Meningkatnya Kualitas Penanggulangan Kebakaran dan Non Kebakaran Secara Terpadu dan Inklusif Persentase Bencana Kebakaran dan Non Kebakaran yang Tertanggulangi Menuhi Respon Time 100 100 100
87 Kecamatan Cingambul Pelayanan Publik lebih dekat dan Bekualitas Indeks Kepuasan M asyarakat 85 86 87
88 Kecamatan Cikijing Pelayanan Publik lebih dekat dan Bekualitas Indeks Kepuasan Masyarakat 86 86.5 87
89 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Majalengka Meningkatnya kualitas pengukuran kinerja pembangunan Majalengka yang dimanfaatkan dalam perbaikan perencanaan pembangunan daerah Nilai Komponen Pengukuran Kinerja Pada Penilaian SAKIP Kabupaten 20.5 20.6 21
90 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Majalengka Meningkatnya Inovasi dan Hasil Kelitbangan yang Bermanfaat Nilai Indeks Inovasi Daerah 60 80 80
91 Kecamatan Jatitujuh Sasaran Strategis Renstra PD (Intermediate Outcome) Pelayanan Publik lebih dekat dan Bekualitas Indikator Sasaran Strategis Renstra PD (Intermediate Outcome) Indeks Kepuasan M asyarakat 84 84.2 84.5